Your Ad Here

Wednesday, February 10, 2010

Membuat CD interktif pembelajaran Multimedia

CD Multimedia Pembelajaran saya angkat sebagai judul Tugas Akhir yang akan membantu saya dalam menyelesaikan Sarjana Pendidikan di Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Pembuatan CD Multimedia ini saya fokuskan kepada materi pelajaran KKPI SMKN 9 Padang, tempat saya melaksanakan PPL-K.
Berikut ini akan saya Uraikan mengenai konsep perancangan yang sedang saya lakukan.
Dalam Perancangan CD Multimedia ini, terlebih dahulu dilakukan penyusunan struktur materi pelajaran yang diambil dari silabus yang digunakan oleh SMK/ SMA, dalam hal ini SMKN 9 Padang. Silabus yang dibangun bertitik tolak dari Standar Isi SMK yang terdapat di dalam Permendiknas nomor 22 tahun 2006. Materi-materi tersebut disusun dan durutkan berdasarkan Kompetensi Dasar-nya.
Setelah strukutur materi di selesaikan, dilakukan perancangan struktur CD Multimedia
Pembelajaran. Struktur CD Mulimedia meliputi Intro, Menu Utama, Menu Materi, Menu Soal, Menu Kuis, Halaman isi materi, Halaman soal, halaman informasi dan halaman penutup. Semua elemen dari struktur CD tersebut disusun sesistematis mungkin, hingga tercipta sebuah Struktur CD Multimedia Pembelajaran Mandiri yang interkatif.
Setelah penyusunan struktur CD, dilakukan pengumpulan data-data yang berhubungan dengan materi ajar. Semua isi materi dikumpulkan dan selanjutnya dikelompokkan berdasarkan urutan materi. Dalam proses ini juga dibangun data multimedia bahan ajar, meliputi video, animasi, gambar dan audio. Data Multimedia ini nantinya akan di sisipkan ke dalam CD Multimedia Pembelajaran.
Langkah selanjutnya adalah membangun tampilan CD Multimedia Pembelajaran. Pembangunan Interface di lakukan berdasarkan Struktur CD yang telah direncanakan. Terdapat beberapa Menu dan halaman yang akan di rancang. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan Berbagai Aplikasi Desain Multimedia seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Macromedia Flash, dan Macromedia Director (jika mungkin).
Agar Tampilan CD Multimedia Menarik, Saya harus melakukan googling (mencari di google) contoh-contoh animasi dan Multimedia Interaktif. Dalam hal ini saya telah mendownloads ratusan file *.swf lebih. Tujuannya agar ide desain yang kreatif dan menarik dapat muncul setelah melihat dan mempelajari hasil karya orang lain (bukan membajak). Bisa dilihat di : http://romisatriawahono.net/2008/03/03/7-langkah-mudah-membuat-multimedia-pembelajaran/
Proses desain dilakukan se segera mungkin. Jika ide telah muncul, jangan biarkan ide itu hilang kembali. Proses pendesaianan tampilan dilakukan ketika ide itu ada, karena akan lebih memudahkan dan bahkan menyemangati dalam bekerja.
Setelah Semua desain selesai, dilanjutkan proses pengisian materi ke dalam struktur desain. Menurut pandangan saya, proses input ini akan memakan waktu lama jika materi yang akan di sisipkan jumlahnyabanyak, apalagi mencapai 25 atau bahkan 50 buah materi. Tahapan ini akan segera dilakukan jika rancangan materi dan strukrur CD telah di selesaikan.
Setelah tahap pengisian materi di selasaikan, dilakukan evaluasi terhadap File Multimedia tersebut. Tindakan ini dilakukan agar semua materi dan struktur CD sesuai dengan perencanaan, dan dapat mengurangi resiko kesalahan (human error).
Setelah Evaluasi, dilakukan proses Burning kedalam CD. Finally, CD Multimedia siap untuk di Compre kan..
Nah, itulah sedikit rencana perancangan CD Multimedia yang akan saya lakukan. semoga bisa di realisasikan, doakan saja…. Semoga bisa bermanfaat, kalau ada kekurangan, mari kita diskusikan.. Isaninside 2009.

contoh cd pembelajaran interkatif multimedia

sumber : http://isaninside.net/2009/04/membangun-cd-multimedia-pembelajaran.htm oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah car body design

No comments:

Post a Comment

Search